Wow, Uji Coba 5G Kecepatannya Tembus 3,6 Gbps!

Wow, Uji Coba 5G Kecepatannya Tembus 3,6 Gbps!
Acaranews.com – Dalam pengujian jaringan 5G yang dilakukan oleh kerjasama antara Huawei dan NTT DoCoMo, teknologi jaringan 5G mereka berhasil mencapai kecepatan hingga 3,6Gbps.
Sementara Indonesia masih fokus memperluas jangkauan 4G, negara lain sudah mengembangkan teknologi jaringan 5G. Adalah Huawei dan NTT DoCoMo yang telah melakukan uji coba teknologi jaringan generasi kelima ini.
Hasil dari uji coba ini, jaringan 5G mampu mencapai kecepatan hingga 3,6Gbps. Padahal, 4G LTE paling mutakhir saat ini saja, yakni LTE-Advanced hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 300Mbps. Jaringan 5G ini pun diharapkan bisa mulai dikomersialisasikan pada taun 2020 mendatang.
Namun perlu dicatat, teknologi ini masih uji coba sehingga kedepannya kecepatan 5G mungkin akan lebih meningkat. International Telecommunication Union (ITU) sendiri mencatatkan bahwa kecepatan teoritis teknologi jaringan 5G harusnya bisa mencapai 20Gbps.
Selain Huawei dan NTT DoCoMo, perusahaan lain kabarnya juga tengah mengembangkan 5G. Beberapa perusahaan yang terlibat kerjasama bersama ini antara lain adalah Verizon, Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcomm, dan Samsung yang akan mulai melakukan trial 5G tahun depan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments