Google Android dan OS Chrome akan disatukan

Acara News Berita terbaru tentang Google menyebutkan bahwa perusahaan teknologi raksasa itu sepertinya akan menggabungkan atau menyatukan dua sistem operasi yang mereka miliki saat ini yaitu sistem operasi Chrome dan sistem operasi Android. Saat ini, Chrome telah menjadi OS yang terus berusaha dipopulerkan oleh Google melalui beberapa perangkat yang khusus mengatasnamakan perusahaan itu, sementara Android adalah OS yang paling diminati di dunia selain iOS buatan Apple dan Tizen dari Samsung. 
Gabungan OS terbaru milik Google itu nantinya akan bekerja pada semua perangkat termasuk ponsel, tablet, laptop dan komputer desktop.

Android adalah OS yang khusus diciptakan oleh Google untuk perangkat elektronik seperti ponsel dan tablet, sementara Chrome OS diciptakan untuk digunakan pada komputer laptop dan menurut Wall Street Journal, kedua OS itu akan disatukan dan menjadi satu software. Sejak 2013, para engineer Google telah bekerja untuk menggabungkan serta menyatukan kedua sistem operasi itu yang mungkin akan segera mereka rilis sebagai OS baru tahun mendatang.

Tidak bisa dipungkiri jika Android sudah menjadi OS paling favorit diantara para pembuat perangkat mobile di dunia. Perangkat dengan basis OS Android telah terjual hingga 1 miliar unit lebih pada tahun 2014, ini berarti sudah melebihi angka penjualan gabungan antara Apple dan Windows.

Pastinya sistem Android akan tetap eksis, justru Chrome yang akan menyesuaikan diri agar cocok digunakan seperti halnya Android. Namun tentu saja para pakar teknologi Google masih harus memikirkan lebih lanjut agar Android dapat digunakan dengan baik pada perangkat seperti laptop dan komputer desktop. Modifikasi Android adalah untuk mampu mendukung penggunaan keyboard dan mouse sebagai perangkat input, dan mampu bekerja sama dengan kartu grafis / VGA, lalu harus mampu bekerja dengan baik pada layar-layar berukuran besar.

Tentu saja dengan disatukannya nanti Android dan Chrome, akan membuat pekerjaan Google menjadi sederhana, karena mereka tidak lagi perlu melakukan dukungan dan pengembangan terhadap dua OS sekaligus. Dan karena OS terbaru nantinya akan dapat mendukung segala jenis perangkat, maka dipastikan ini akan menjadi hal berat bagi Microsoft, meski mereka telah mengawali rencana seperti Google untuk menyatukan semua perangkat lewat Windows 10 yang dapat bekerja di segala jenis perangkat.

Tidak diketahui apakah nantinya perangkat yang saat ini telah menggunakan OS Chrome jadi tidak berguna, atau justru bisa dilakukan penggantian OS menuju Android, seperti halnya yang disampaikan oleh perusahaan induk Alphabet dalam akun Twitternya. Jika benar Android dan OS Chrome digabungkan, maka Google akan menjadi perusahaan yang mungkin tak terkalahkan dimasa depan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments