Pesawat komersial pertama buatan Cina C919 saingan Boeing, Airbus

Acaranews.com Akhirnya Airbus dan Boeing akan memiliki saingan dalam industri pesawat penumpang. Cina telah mengumumkan pesawat terbang penumpang buatan mereka dengan nomor pesawat C919 yang diklaim akan berhadapan dengan perusahaan yang tak punya saingan Boeing dan Airbus.

Perusahaan penerbangan komersial milik negara asal Cina telah mengumumkan bahwa ini adalah pertama kali Cina menjadi produsen pesawat penumpang yang upacara peresmian dirilisnya pesawat itu diadakan di hanggar bandara internasional Shanghai. Ribuan orang datang menghadiri acara yang menggembirakan itu.

Pesawat buatan Cina itu telah berukuran besar dengan jumlah kursi untuk 168 penumpang, sama dengan jumlah penumpang yang dapat diangkut pesawat Airbus A320 dan Boeing 737. Ini adalah langkah besar bagi pemerintah Cina untuk menggunakan kesempatan bersaing terhadap dua perusahaan yang selama ini tak punya saingan berarti dalam dunia industri pesawat yakni Boeing dan Airbus.

Bahkan untuk pertama kali pesawat buatan Cina ini diperkenalkan, perusahaan itu telah menerima ratusan pesanan dari beberapa konsumen, yang diantara para pembeli pesawat itu ada juga dari maskapai penerbangan lokal yang beroperasi di Cina daratan.


Pesawat komersial pertama buatan Cina C919 saingan Boeing, Airbus. Kapasitas penumpang C919 adalah 168 orang. CCTV news.

Menurut laporan Associated Pers, 03/11, kerja sama yang telah disetujui oleh Presiden Cina Xi Jinping di Amerika Serikat dengan Boeing, akan tetap dilaksanakan. Boeing telah menerima pesanan sebanyak 5.580 unit pesawat untuk jangka waktu 20 tahun mendatang. Dilaporkan juga bahwa Boeing akan membangun pabrik pesawat di wilayah Cina di masa mendatang.

Cina dikenal sebagai negara penghasil segala sesuatu dengan harga miring, tidak heran jika pesawat-pesawat terbang komersial pun nantinya bisa jadi harga lebih murah, dan Airbus dengan Boeing mesti mulai waspada dengan persaingan ini. Tidak hanya murah, Cina saat ini telah menjadi pusat teknologi dunia, sebut saja seperti Lenovo atau Xiaomi yang bergerak pada industri ponsel, smartphone, laptop, tab dan lainnya termasuk chip perangkat mobile yang telah dikuasai oleh Cina, bahkan Intel harus berusaha menyesuaikan dengan dengan perusahaan Chip asal Cina.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments